Pertemuan Google for Publisher adalah agenda rutin yang dilakukan Oleh Google setiap tahun. Biasanya ini dilakukan ketika menjelang momen momen spesial dan bila ada hal baru dari Google untuk Para Publisher. Momen besar di Indonesia sendiri biasanya ada pada Liburan akhir tahun dan Bulan Ramadhan . Ini adalah momen terbaik dimana meningkatnya demand google ads sehingga perlunya mengatur strategi terbaik untuk meraih demand tersebut.
Momen Ramadhan 14739 H ( 2018 )
Pada pertemuan Google for Publisher 2018 di Indonesia kali ini juga membahas beberapa peluang terdekat di Indonesia . Peluang terdekat adalah di Bulan Ramadhan 1439 H dimana demand menjadi sangat padat . Demand ini sangat menjadi peluang bagi situs dengan konten islami tentunya. Pada momen ini biasanya dibahas tema serta kata kunci terbaik pada beberapa waktu kebelakang tuk jadi bahan evaluasi bersama.
Momen Piala Dunia / World Cup 2018
Selain momen lebaran yang disoroti adalah momen Pertandingan World Cup yang sebentar lagi akan mulai. Indonesia adalah salah satu negara yang paling gencar meramaikan pertandingan piala dunia. Tidak begitu banyak hal dibahas tapi beberapa petunjuk yang cukup jelas untuk digunakan menangkap momen tersebut. Dimana tidak sekadar membahas pertandingan tetapi hal yang menyeluruh dari irisan-irisan tim dan para pemainnya.
Teknologi Progresive Web Apps ( PWA )
Progresive Web Apps atau PWA teknologi yang sedang gencar di gembar-gemborkan oleh Google untuk membantu publisher meningkatkan load situs serta pengalaman user ( user experience ) . Teknologi ini juga termasuk menjadi pembahasan dalam pertemuan kali ini di Google for Publisher. Beberapa dari kami sudah menerapkannya namun demi membantu publisher lebih mudah Google membantu kami dengan membuatkan sebuah plugin untuk CMS terpopuler yaitu Wordpress karena banyak diantara publisher di Indonesia menggunakan CMS tersebut yang bernama Minimum Configuration Wordpress PWA yang dibuat oleh mas Yohan Totting . Silahkan coba install plugin tersebut pada situs berbasis wordpress . Jujur saja ini adalah hal yang cukup sangat menarik karena PWA memiliki beberapa keunggulan seperti Instant Loading, Add to Homescreen , Notifikasi , Fast, Secure , dan Responsive. Mungkin nanti saya akan buat pembahasan tersendiri untuk PWA.
Private Marketplace ( PMP )
Private Marketplace ini adalah sebuah wadah pertemuan antara publisher dengan advertiser. Kalau secara sederhana bisa disebut pasar atau MALL yang menjajakan tempat slot iklan yang akan dibeli para advertiser premium baik luar maupun dalam negeri. Pada kesempatan kali ini dari pihak Google beserta Partner Agency yang sudah sukses diberbagai negara memperkenalkan PMP pada publisher di Indonesia. Ini nampak keren sekali adanya “Advertiser Premium” yang berarti adanya peluang mendapatkan Revenue lebih banyak lagi.
Terlihat menggiurkan, namun tentu ini tidak mudah untuk memasukinya. Tidak sembarang publisher dapat menjual slotnya pada PMP ini. Beberapa syarat yang diperlukan publisher untuk ikut serta menjual slot di tempat ini memiliki pageview tinggi, viewbility adslot tinggi, brand safety . Di Indonesia baru beberapa saja yang tergabung kalau tidak salah 9 atau 18 saja. ( kalau ingat saya update) . Saat ini mereka yang dapat berpartisipasi adalah yang sudah memiliki ADX dan atau tergabung dengan salah satu Partner Google dalam hal advertising seperti Geniee, Proof, Adasi, Adop. Menjadi daya tarik untuk Advertiser karena memiliki jaminan brand safety dari Google serta menggunakan program canggih dengan sistem Programatic yang saat ini tengah populer jagat advertising secara Global.
Pada kesempatan ini juga google memberikan doorprize berupa merchandise 2 Buah Jaket berwarna abu-abu dengan tulisan Google . Kebetulan saya menjadi salah satu penerima jaket tersebut dan satu lagi diberkan kepada saya lupa namanya kalau tidak salah dari tempo karena sudah aktif berpartispasi saat sesi tanya jawab dengan Miss HayLey salah satu support penjawab email publisher.
Ada juga momen sharing bersama dengan teman publisher dari sudut-sudut Indonesia.
Terimakasih kepada teman-teman yang telah membaca cerita saya ini. Saya sangat senang sekali dapat berpartisipasi dalam event ini karena saya dapat pengalaman baru serta teman baru yang luar biasa. Mari kita bersama menjadi Publisher yang baik, memberikan konten bermanfaat untuk para pembaca serta membangun branding kita.