Metode FB Ads to Adsense Aman Gak sih?

by Dian Maulana
1 comment

Ada sebuah pertanyaan klise mengenai metode FB Ads to Adsense dari para publisher. Apakah metode FB Ads to Adsense masih work? Masih aman? Amana gak sih itu? . Banyak yang kena banned loh karena FB Ads to Adsense. Banyak sekali yang bertanya-tanya mengenai hal itu. Bahkan ada juga yang memunculkan beragam teori-teori penyelamatan atau trik untuk mengamankan. Bahkan lebih jauh lagi ada yang mengaku punya akun sakral yang tahan banting . Luar biasa memang Indonesia. Ya saya cuma tahu di Indonesia saja yang negara lain saya gak nengokin sih .

Baik saya akan coba bahas perlahan mengenai hal ini. Saya ingin membahas karena cukup banyak pertanyaan ke saya mengenai ini so biar nanti gak capek ngetik saya kasih link ini saja buat lihat jawabannya . Buat kamu yang nanti nanya dan saya kasih link ini mungkin akan lihat ini . Perhatikan ya.

Konsep Metode FB Ads to Adsense

Buat kalian yang belum tahu konsep FB Ads to Adsense itu sebenarnya sederhana sekali intinya kalian membuat website yang dibantu pencarian traffiknya dengan menggunakan Facebook Ads dan Websitenya dimonetisasi menggunakan Google Adsense. Karena untuk mendapatkan trafik dari search engine cukup berat dan perlu waktu. Metode SEO untuk ukuran website baru terutama bagi pemula itu akan berat sekali.

Cara termudah mendapatkan trafik adalah beriklan melalui platform-platform adveritising seperti adwords, FB ads, mgid, adnow dan masih banyak lainnya. Hanya pada metode ini dari namanya jelas sudah menyebutkan platform beriklannya dimana. Pilihan FB Ads jelas karena Indonesia bahkan seluruh dunia banyak sekali .  Dari statistik 15 website sosial network terpopuler oleh Dreamgrow yang dilansir dari kawaiitechnews.

media sosial populer

Statistik Sosial Network Populer ( Dream Grow dalam KawaiiTech news)

Amankah  Metode FB Ads to Adsense?

Setelah tahu konsepnya dan kita coba jawab pertanyaan inti dari postingan ini . Amankah metode Facebook Ads to Adsense dilakukan sekarang ataupun nanti? . Jawabannya adalah aman. Ya AMAN sangat aman sampai kapanpun bila kebijakan kedua belah pihak tetap sama. Tidak ada yang salah dari mendatangkan traffik dari Facebook ke Adsense.

Media-media kecil sampai ke media besar saja itu sampai sekarang masih suka beriklan di facebook. Sebut saja detik, tempo, kompas, republika pasti Anda pernah menemui iklan bersponsor website mereka di facebook baik dari platform website, maupun aplikasinya. Bila tidak aman kenapa masih dilakukan? Mungkin akan ada yang bilang ah itukan media besar pastilah dikasih. Tidak juga media kecil pun dan ya saya sendiri suka beriklan di facebook and this fine.

Kita ketahui google mengakui ini dimana kita dapatkan sumber trafik dari facebook. Coba saja Anda tengok di Google Analytic pada menu > Akuisisi di sana terdapat beberapa data sumber traffik kita diantaranya: Organic Search yang berasal dari mesin pencari; Direct; Referal; Other; dan Social .  Nah coba kalian lihat bagian Social silahkan diklik saja maka akan muncul beberapa list media sosial yang menjadi sumber trafik kita. Bila pernah share link di facebook dan ada yang klik maka facebook akan muncul pada data tersebut. Jelas di analytic terbaca sebagai sumber trafik .

Mengapa Banyak Merasa tidak Aman?

Banyak pertanyaan mengenai keamanan melakukan metode ini . Keamanan tersebut mencakup akun facebook dan akun adsensenya. Karena terkadang akun pengiklan juga suka terkena banned maka banyak yang membaut kloningan khusus ngiklan. Terutama akun adsense terbanned juga banyak stoknya. Hal ini terjadi bukan permasalahan pencarian trafik website dari Facebook melainkan pada kebijakan kedua platform tersebut.

Akun Facebook terbanned

Akun facebook iklan yang terbanned atau fitur facebook ads akun tersebut yang terbanned. Hal tersebut biasanya terkendala ketika konten yang kita boost iklan tidak sesuai dengan ketentuan iklan untuk komunitas di facebook. Sekarang facebook semakin ketat mengenai kebijakananya seiiring banyaknya berita hoax tersebar dengan mudah di medisosial. Maka, mereka pun terus berkembang mengikuti kebiasaan user. Namun saat ini sudah lebih baik karena sekarang setiap akan beriklan sudah ada notifikasi peringatan pada konten yang akan di iklankan ketika pencet boost di kirimannya. Jadi kita bisa tahu apakah iklan ini bisa di iklankan dan alasan kenapa. Mohon baca guide beriklan di Facebook  . Karena kebanyakan rekan pubslisher yang menggunakan metode ini adalah dengan metode “Viral Konten” . Metode ini yang saya rasa terlalu berlebihan terkadang juga informasinya bisa dibilang pada masa itu banyak terindikasi hoax. Hingga facebook membuat kebijakan khusus mengenai ada kata-kata tertentu terkait cara-cara viral ini yang dilarang.

Akun Adsense Terbanned

Hal penting sekali adalah mengenai akun adsense yang terbanned . Hal inilah yang sangat dinilai tidak aman bagi mereka. Meski kadang ya mereka tinggal beli saja akun sih. Akun adsense yang terbanned ini tidak lain juga serupa dengan kenapa terbannednya akun facebook ya kembali pada kebijakan platform itu. Kebanyakan orang-orang yang menggunakan metode facebook ads to adsense dengan penempatan iklan tidak semestinya seperti iklan sticky ads.

Sticky Ads Adsense . adsense sticky

Sticky Ads Adsense

Dari pantauan saya masalah inilah yang umumnya menjadi permasalahan banned. Mungkin ya rekan publisher yang menggunakan ini tahu sendiri performanya. Saya lihat dari statistik mereka memang sangat bagus sekali, namun ya hal ini tidak diperkenankan terjadi. Sticky ads tersebut dengan ukuran baisanya 300×250 atau 336×280 dan muncul di depan muka langsung ditengah-tengah layar mereka dengan tombol close 2 kali. Kemungkinan salah klik cukup tinggi bahkan kadang ada juga yang memang harus klik iklan baru hilang. Ukuran di mobile sama sekali tidak berubah kebayang itu melayang ditengah pasti menutupi konten. Jadi tolong tempatkan sewajarnya saja. Nanti akan saya bahas penempatan iklan yang bagus sesuai kebijakan.

Kesimpulan

Metoda facebook ads to adsense tidak masalah untuk digunakan alias aman selama kita mengikuti aturan. Baik kebijakan facebook sebagai platform tempat kita mengiklan ataupun kebijakan Google adsense selaku pihak kita mencari earning.

Semoga dapat bermanfaat dan memberikan pencerahan untuk teman-teman semua yang akan menggunakan metode ini ataupun sedang menggunakan metode ini atau mungkin senior yang sudah menahun melakukan ini. Tapi saya yakin yang menahun menggunakan ini sudah tahu perihal ini namun ya mungkin itu cara mereka semoga kita bisa membuat siklus yang baik untuk publisher, network dan advertiser.

Bila rekan-rekan publisher ada tambhan atau pertanyaan silahkan bisa tanyakan saja pada kolom komentar ya.

1 comment

Goindones 12/01/2019 - 9:45 pm

Nah ini betul banget gan, saya setuju, karena saya pikir metode pengiklanan dar FB sangat super profesional dan kemungkinan besar kenapa terjadi banned dikarena salah kita sendiri karena melampaui kebijakan yang seharusnya, Soal Sticky WIdget saya sangat setuju gan, kadang saya sendiri sedikit bete dengan blog yang mencari keuntungan berlebih yang menganggu pengguna, dan kemungkinan terbesar banyak juga pengunjung yang melaporkan iklan seperti sticky adsense, jadi tidak heran akan terpantau oleh google sendiri.

Reply

Leave a Comment